Sakit Kaki akibat Saraf Kejepit dan Penyembuhan Tanpa Operasi

Meskipun ada banyak penyebab sakit kaki, penting untuk dicatat bahwa tidak semua rasa sakit kaki berasal dari masalahdi kaki itu sendiri misalnya di jari kaki atau di bagian depan atau belakang kaki, atau juga karena adanya luka atau trauma pada kaki.

Yang mengejutkan adalah banyak jenis rasa sakit di kaki mungkin tidak ada kaitannya dengan kaki, melainkan masalah di punggung bagian bawah.

Pasien yang mengalami sakit kaki karena saraf terjepit di punggung bawah umumnya akan merasakan nyeri di sekitar telapak kaki hingga pada batang kaki. Akan sangat jarang untuk mengisolasi sakit di sekitar telapak kaki karena masalah di punggung bawah tanpa adanya nyeri pada batang kaki. Nyeri di sekitar telapak kaki tanpa nyeri pada batang kaki biasanya karena masalah yang terlokalisir di sekitar telapak kaki itu sendiri.

Misalnya, jika akar saraf di bagian bawah punggung teriritasi atau tertekan, kondisi punggung bawah ini dapat menyebabkan rasa sakit yang menyebar di sepanjang saraf skiatik dan masuk ke kaki.




GEJALA UMUM SAKIT KAKI YANG TERKAIT DENGAN PUNGGUNG BAWAH
  1. Terbatasnya kemampuan untuk mengangkat kaki (heel walk). Gejala spesifik ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengangkat kaki ke atas dan mungkin disertai dengan rasa baal di kaki bagian tengah bawah dan telapak kaki. Jalan tumit mungkin terjadi jika salah satu akar saraf tulang belakang di punggung bagian bawah yang menginervasi saraf siatik terpengaruh.
  2. Kaki berat atau Lemah (foot drop). Seringkali berasal dari akar saraf tulang belakang di punggung bagian bawah, kaki jatuh/lunglai mengacu pada rasa lemah atau berat yang membuat sulit atau tidak mungkin melenturkan pergelangan kaki dan mengangkat bagian depan telapak kaki ke atas. Kaki lunglai karena masalah pada akar saraf L5 biasanya juga akan membawa rasa sakit yang memancar ke bagian luar betis dan di atas telapak kaki hingga ke jempol kaki.
  3. Kesulitan berjalan berjinjit. Nyeri kaki bagian bawah bisa terjadi jika akar saraf tulang belakang skiatik S3 terkena. Gejala khas rasa sakit di bagian bawah kaki bisa termasuk kelemahan pada otot gastonemius, sehingga sulit untuk berjalan berjinjit, mengangkat tumit dari tanah, atau bahkan menyelesaikan aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki atau mengemudi.

 


TERAPI PENYEMBUHAN TANPA OPERASI

Ada 3 kondisi Sakit Punggung Bawah yang menyebabkan sakit di kaki:
  • 1.      Herniated Lumbar Disc. Ini terjadi ketika inti dalam cakram ruas tulang belakang terdorong keluar. Proses ini menyebabkan tekanan pada akar saraf, yang dapat memancarkan rasa sakit pada saraf skiatik ke kaki, dengan gejala bervariasi dan tergantung pada lokasi terjadinya.

Perawatan untuk sakit ini cenderung bersifat non-bedah yaitu dengan mengurangi tekanan pada saraf dan menenangkan rasa sakit yang mengarah ke kaki. Caranya dengan terapi di air menggunakan sabuk apung untuk terapi air, seperti AA Water Jogging Belt.
Kalau toh harus operasi mungkin memerlukan operasi balik yang disebut microdiscectomy untuk mengeluarkan sebagian cakram.
  • 2.      Lumbar Spinal Stenosis. Sakiti punggung bawah ini mengacu pada akar saraf tulang belakang yang tertekan atau tersedak, yang dapat menyebabkan gejala nyeri kaki seperti kelemahan, mati rasa dan kesemutan di kaki.

Pengobatan cukup dengan tindakan non-bedah terutama untuk mengatasi stenosis tulang belakang di punggung bagian bawah. Terapi non bedah diasarankan terapi di dalam air menggunakan sabuk apung yang khusus dirancang untuk hidrotherapy, seperti AA Water Jogging Belt. Jarang sekali diperlukan operasi/ bedah untuk kasus ini.
  • 3.      Spondylolisthesis. Sakit punggung bawah ini karena vertebra tergelincir di atas vertebra berikutnya, sehingga berpotensi menyebabkan saraf terjepit yang dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar menuruni kaki hingga telapak kaki.

Pengobatan untuk spondylolisthesis bias dilakukan dengan non-bedah atau bedah. Terapi non bedah diasarankan terapi di dalam air menggunakan sabuk apung yang khusus dirancang untuk hidrotherapy, seperti AA Water Jogging Belt.

KESIMPULAN

Semua sakit kaki yang disebabkan karena saraf kejepit pada punggung bawah dapat dirawat dengan terapi non-bedah, terutam terapi di dalam air. Untuk itu diperlukan alat bantu berupa sabuk apung yang dirancang khusus untuk terapi di dalam air (hydrotherapy) 

 - bahan dari Spine Health -

TOKO ONLINE



    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa