Para dokter mengatakan bahwa berenang baik untuk penyembuhan saraf kejepit. Banyak yang mengatakan bahwa renang sangat membantu penderita nyeri pinggang yang disebabkan oleh saraf kejepit atau biasa dikenal sebagai Hernia Nucleus Pulposus(HNP). Hal ini seakan-akan sudah menjadi keharusan bilamana ada yang sakit pinggang maka si penderita harus berenang.

Namun masalahnya ada banyak penderita gangguan pinggang yang tidak bisa berenang. Atau ada yang meski bisa berenang tapi merasakan nyeri bila saat berenang apalagi dengan gaya bebas misalnya.

Rasa nyeri itu terjadi karena saat berenang tubuh akan berusaha untuk terapung. Dan oleh sebab itu otot-otot di daerah punggung akan berkontraksi dan membuat otot dimana saraf terjepit pun turut tertarik. Hal inilah yang menyebabkan penderita nyeri pinggang akan merasakan nyerinya memburuk dan menganggap terapi berenang tidak cocok atau tidak menyenangkan.

Memakai AA Water Jogging Belt
Nah agar anda bisa melakukakan gerakan-gerakan di kolam renang sebagaimana dianjurkan dokter atau terapis Anda perlu memakai sabuk apung yang akan membebaskan anda dari rasa nyeri karena otot-otot Anda tidak perlu terpaksa berkontraksi berusaha agar terapung.

Gunakan sabuk apung yang dirancang dengan baik dan secara ergonomis akan menopang punggung Anda dengan nyaman dan senantiasa membuat tubuh Anda terapung dengan posisi tegak dan kepala selalu berada diatas air.

Dengan begitu Anda dapat selalu bisa bernapas secara normal dan bebas melakukan gerakan-gerakan mulai dari yang ringan-ringan hingga yang sulit, tergantung dari kemajuan kesehatan Anda ataupun intensitas latihan yang anda inginkan. Semuanya itu di bawah kendali Anda. Bila terasa nyeri Anda boleh melupakan dulu gerakan tersebut atau mengurangi intensitasnya.

Di air tubuh anda bebas bergerak tanpa benturan (low impact) dan air sangat baik dalam membantu melonggarkan persendian, memperlancar peredaran darah,  memijat tubuh, menahan gerakan dan berbagai macam keuntungan lainnya. Dengan begitu kesehatan Anda akan lebih cepat pulih kembali.